IPTEK tidak terlepas pula dari kemiskinan dan kemiskinan tidak telepas pula
dari kehidupan masyarakat. Kemiskinan dalam bidang ekonomi selalu menjadi
kendala di negara-negara berkembang. Sangat sulit negara untuk memberantas
kemiskinan. Sebenarnya jika kita semua memanfaatkan IPTEK maka kita semua dapat
memberantas kemiskinan yang ada. Tidak akan ada lagi pengamen, pengemis, dan
pekerjaan tidak layak lainnya. Kemiskinan terjadi karena rendahnya ilmu
pengetahuan dan teknologi serta pendidikan yang rendah.
Semua dapat teratasi dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Semua dapat teratasi dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi.
A. Dampak Negatif Ilmu Teknologi
Perkembangan
IPTEK juga akan muncul dampak negatif yang akan ditimbulkan oleh perkembangan
IPTEK dalam proses pendidikan, antara lain :
1. Siswa menjadi malas belajar
Dengan
adanya peralatan yang seharusnya dapat memudahkan siswa dalam belajar, seperti
laptop dengan jaringan internet, ini malah sering membuat siswa menjadi malas
belajar, terkadang banyak diantara mereka yang menghabiskan waktunya untuk
internetan yang hanya mendatangkan kesenangan semata, seperti ; Facebook,
Chating, Twitter dan lain-lain, yang semuanya itu tentu akan berpengaruh
terhadap minat belajar siswa.
2. Kerahasiaan alat tes untuk
pendidikan semakin terancam
Selama ini
sering kita melihat dan mendengar di siaran TV, tentang adanya kebocoran soal
ujian, ini merupakan salah satu akibat dari penyalahgunaan teknologi, karena
dengan adanya perkembangan teknologi yang semakin canggih, maka dengan mudah
dapat mengakses informasi dari satu daerah ke daerah lain, inilah yang
dilakukan oleh oknum untuk melakukan penyelewengan terkait dengan kebocoran
soal ujian, sehingga kejadian ini sering meresahkan pemerintah dan
masyarakat.
3. Adanya penyalahgunaan system
pengolah data yang menggunakan Teknologi.
Dengan
adanya pengolahan data dengan system Teknologi, sering akli kita temukan adanya
terjadi kecurangan dalam melakukan analisis data hasil penelitian yang
dilakukan oleh siswa dan bahkan mahasiswa, ini mereka lakukan untuk mempermudah
kepentingan pribadi, dengan mengabaikan hasil penelitian yang dilakukan.
B. Dampak Positif Ilmu Teknologi
1. Munculnya Media Massa, khususnya
Media elektronik sebagai sumber ilmu dan pusat Pendidikan, seperti jaringan
internet.
Dampak dari
hal ini yaitu guru bukanlah satu-satunya sumber ilmu pengetahuan, sehingga
siswa dalam belajar tidak perlu terlalu terpaku terhadap informasi yang
diajarkan oleh guru, tetapi juga bisa mengakses materi pelajaran langsung dari
internet, oleh karena itu guru disini bukan hanya sebagai pengajar, tetapi juga
sebagai pembimbing siswa untuk mengarahkan dan memantau jalannya pendidikan,
agar siswa tidak salah arah dalam menggunakan Media Informasi dan Komunikasi
dalam pembelajaran.
2. Sistem pembelajaran tidak harus
melalui tatap muka
Selama ini,
proses pembelajaran yang kita kenal yaitu adanya pembelajaran yang disampaikan
hanya dengan tatap muka langsung, namun dengan adanya kemajuan teknologi,
proses pembelajaran tidak harus mempertemukan siswa dengan guru, tetapi bisa
juga menggunakan jasa pos Internet dan lain-lain.
3. Adanya sistem pengolahan data hasil
penilaian yang menggunakan pemamfaatan Teknologi.
Dulu, ketika
orang melakukan sebuah penelitian, maka untuk melakukan analisis terhadap data
yang sudah diperoleh harus dianalisis dan dihitung secara manual. Namun setelah
adanya perkembangan IPTEK, semua tugasnya yang dulunya dikerjakan dengan manual
dan membutuhkan waktu yang cukup lama, menjadi sesuatu yang mudah untuk
dikerjakan, yaitu dengan menggunakan media teknologi, seperti Komputer, yang
dapat mengolah data dengan memanfaatkan berbagai program.
4. Pemenuhan Kebutuhan akan
Fasilitas Pendidikan dapat Dipenuhi dengan Cepat
Dalam bidang
pendidikan tentu banyak hal dan bahan yang harus dipersiapkan, salah satu
contoh, yaitu :
penggandaan
soal ujian, dengan adanya mesin foto copy untuk memenuhi kebutuhan akan jumlah
soal yang banyak tentu membutuhkan waktu yang lama untuk mengerjakannya
kalau dilakukan secara manual. Tapi dengan perkembangan teknologi semuanya itu
dapat dilakukan hanya dalam waktu yang singkat.
C. Penanganan Kemiskinan
Penanganan
kemiskinan pada prinsipnya merupakan pemecahan masalah-masalah yang berkaitan
dengan kondisi sumberdaya alam yang tidak menguntungkan dan rendahnya
akses kelompok masyarakat miskin terhadap peluang- peluang yang tersedia. Oleh
karena itu upaya pengentasan yang harus diarahkan pada :
1. Meningkatkan kualitas dan kemampuan
sumberdaya manusia, melalui jalur pelayanan pendidikan (pemantapan
IMTAQ dan transfer IPTEK), pelayanan kesehatan dan perbaikan gizi
2. Mengembangkan dan membuka usaha
produktif yang dapat diakses oleh kelompok masyarakat miskin secara
berkelanjutan serta memperbesar akses masyarakat miskin dalam penguasaan faktor
produksi
3. Memelihara dan memperbaiki fungsi
produktif dari sumberdaya alam bagi masyarakat miskin
4. Pemihakan kebijakan publik
yang mampu mendorong peningkatan daya beli masyarakat miskin
REFERENSI :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar