Dengan landasan dari dukungan kedua sistem tersebut
kita perlu tahu apa saja yang menjadi pendukung terciptanya multimedia dalam
kedua sistem tersebut.
A. Hardware
Perangkat keras pendukung terciptanya multimedia dapat
kita kelompokan berdasarkan fungsi:
- Perangkat
Masukan (input device)
- Perangkat
keluaran (Output device)
- Perangkat
Proses (Process device)
- Perangkat
penyimpanan (storage device)
Dimulai dari perngkat masukan (input device)pendukung terciptanya multimedia
antara lain:
- KeyboardKeyboard ( papan kunci ) adalah sebuah perangkat input standar yang biasa digunakan user (pengguna ) komputer untuk memasukan data teks, angka, ataupun kode ASCII, keyboard sangat diperlukan walaupun sekarang banyak painting device (mouse) akan tetapi fungsi media keyboard tidak bisa dikesampingkan.
- MouseMouse adalah alat input atau pointing device yang mudah untuk dipakai pengguna komputer. Sistem komputer berbasis windows banyak menggunakan media ini sebagai alat input standar. Untuk menggambar diperlukan mouse yang dikhususkan untuk menggambar yaitu pen mouse supaya hasil gabar menjadi baik.
- Mikrophone (mike) dan speaker
Pada
komputer multimedia telah disediakan microphone dan speaker sebagai peralatan
standar komputer multimedia. Microphone digunakan sebagai alat input suara
kedalam komputer, sedangkan speaker digunakan untuk alat output dari hasil
proses pada komputer.
- CD ROM drive
CD ROM
(Compact Disk Read Only Memory) drive telah menjadi integral dari sebuah PC
multimedia CD ROM drive dapat mengakses serta dapat mentransmisikan data
seperti grafik, suara, program aplikasi dan video, namun tidak bisa digunakan
untuk menyimpan data. Untuk kebutuhan menyimpan data
pada CD dibutuhkan alat seperti CD writer, berbentuk seperti CD ROM namun
mempunyai kelebihan yaitu bisa menyimpan data pada CD. CD ROM banyak digunakan
untuk menginstal program pada komputer dan juga bisa digunakan sebagai
media
hiburan. Produk multimedia yang sudah jadi dikemas dalam CD dan bisa
diperbanyak, sehingga mudah dibawa kemana-mana dan kita bisa melihatnya lewat
bantuan media CD ROM.
Kemudian
dari Perangkat keluaran (Output device) pendukung terciptanya multimedia antara lain:
- MonitorMonitor adalah kebutuhan yang utama, dimana hasil dari pemrosesan komputer ditayangkan (dispay) lewat sebuah media yang bernama monitor. Monitor yang terdiri atas pixel (picture element) ini memungkinkan untuk memantulkan gambar pada layar. Pixel dapat tersusun dari empat kombinasi kolom dan baris pada layar monitor yang disebut juga dengan resolusi. Resolusipada monitor bermacam-macam ukuran, sepert ukuran pada umumnya monitor yakni sebagai berikut : 640 x 480, 800 x 600, 1024 x 768, dan 1280 x 1024Selain warna dan resolusi monitor, jarak antara pixel yang disebut dotpitch juga mempengaruhi kehalusan gambar yang ditampilkan, semakin kecil atau rapat jaraknya maka semakin halus pula gambar yang ditampilkan. Pada pembuatan produk multimedia ini digunakan monitor yang mempunyai jarak dotpitch 0.28 mm.
- Printer
Fungsi nya adalah mencetak suatu dokumen untuk
kepentingan pribadi maupun banyak orang. Mulai dari teks, gambar, serta
gabungan teks dan gambar. Selain berfungsi untuk mencetak suatu dokumen, printer
juga memiliki fungsi lain yang telah diadopsi dari teknologi lainnya. Sebut
saja fungsi menggandakan dokumen (prinsip dan fungsi mesin fotocopy), fungsi
memindai (scanning), serta fungsi mengirim data (mesin fax). Pada awalnya
printer hanyalah sebuah perangkat yang digunakan untuk mencetak dokumen yang
menampilkan data berupa teks, gambar, serta grafik dalam lembaran kertas. Namun
berkat perkembangan teknologi yang cukup pesat, fungsi alat-alat lain pun bisa
diadopsi.
- Speaker
Speaker komputer adalah perangkat output pada komputer
yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil proses dari CPU
berupa suara atau audio. Speaker akan mengeluarkan suara yang diputar dalam
komputer, baik dari musik player maupun suara video.
- Proyektor
Proyektor LCD merupakan salah satu jenis proyektor
yang biasanya digunakan untuk menampilkan video maupun gambar dari komputer
pada sebuah layar maupun pada bidang yang memiliki permukaan datar. Untuk
menampilkan video/ gambar, proyektor LCD mengirimkan cahaya dari lampu halide
logam lalu diteruskan ke dalam prisma dimana cahaya akan tersebar pada tiga
panel polysilikon, yaitu komponen warna merah, hijau, dan biru pada sinyal
video.
Selanjutnya
Perangkat Proses (Process device) pendukung terciptanya multimedia antara lain:
- Motherboard
Motherboard adalah papan sirkuit yang berfungsi
sebagai tempat komponen-komponen komputer seperti processor, harddisk, RAM dan
lain-lain. Motherboard sendiri berupa papan utama yang berbentuk PCB dan
memiliki chip BIOS, jalur-jalur maupun konektor yang berfungsi menghubungkan
masing-masing perangkat.
- Processor
Processor merupakan sebuah IC yang mengontrol seluruh
jalannya sebuah sistem komputer. Processor atau CPU (Central Processing Unit)
bisa dibilang sebagai otak pada sebuah komputer, karena bertugas melakukan
perhitungan maupun memerintah program yang akan dijalankan oleh komputer.
- VGA Card
VGA atau Video Graphic Adapter adalah sebuah perangkat
keras yang berfungsi mengolah data grafik yang akan ditampilkan oleh monitor.
VGA juga memiliki processor yang biasa disebut GPU (Graphic Processing Unit).
Biasanya perangkat keras yang satu ini sangat dibutuhkan, khususnya bagi gamer
maupun designer.
- Sound Card
Sound Card merupakan perangkat keras yang berfungsi
mengolah data berupa audio ataupun suara. Pada awalnya, sound card hanyalah
pelengkap komputer, namun saat ini sound card merupakan perangkat yang harus
dimiliki oleh pengguna komputer.
- Modem
Modem mempunyai kepanjangan Modulator Demodulator.
Modem sendiri berfungsi mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog. Data
dari komputer yang berbentuk sinyal digital di konversi oleh modem menjadi data
yang berbentuk sinyal analog, ketika modem menerima data dari luar yang
berbentuk sinyal analog, modem akan mengubahnya kembali menjadi data yang berbentuk
digital agar dapat diolah oleh komputer.
Perangkat
penyimpanan (storage device) pendukung terciptanya multimedia antara lain:
- Hard disk drive (HDD)
Hard disk atau hard disk drive (HDD) merupakan
perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai media penyimpanan. Dalam sebuah
hard disk terdapat lebih dari satu piringan yang berfungsi memperbesar
kapasitas data yang dapat ditampung oleh hard disk tersebut.
- SSD
SSD atau Solid State Drive merupakan inovasi terbaru
dari pendahulunya yaitu hard disk. SSD merupakan media penyimpanan yang
menggunakan jenis memory solid state untuk penyimpanan datanya. SSD juga
memiliki fungsi yang sama seperti hard disk, namun sedikit berbeda dengan hard
disk.
Data pada
SSD disimpan pada chip-chip memori flash yang saling terhubung. Chip-chip
tersebut memiliki kecepatan dan reliabilitas yang lebih tinggi dari USB Thumb
Drive (UFD). Dalam segi harga, SSD lebih mahal daripada HDD meskipun dengan
kapasitas yang sama.
- RAM
RAM atau Random Acces Memory merupakan perangkat keras
yang berfungsi menyimpan data maupun intruksi yang dilakukan oleh prosessor.
Berbeda dengan hard disk, penyimpanan pada RAM bersifat sementara. Jadi ketika
komputer dimatikan, data maupun intruksi yang disimpan oleh RAM akan hilang/
dikosongkan kecuali komputer tersebut dalam mode hibernate.
- Flash disk
Flashdisk ini termaksud dengan sebuah alat tempat
penyimpanan data atau pun penyimpanan file, yang berupa sebuah NAND. Dan di
dalam perangkat ini juga, terdapat sebuah controller dan tempat penyimpanan data
yang bersifat non-volatile, yang tidak dapat hilang, meskipun ini tidak dapat
daya listrik. Komponennya flashdisk ini sederhana dan juga relative itu lebih
sedikit di bandingkan dengan hardisk. Ini dapat di sebabkan di karenakan sebuah
flashdisk itu tidak dapat memerlukan piringan, motor, ataukah benda yang
berkerja secara mekanik.
Perkembangan
perangkat multimedia khususnya hardware kini
semakin lama semakin canggih dan lebih praktis cara penggunaanya. Contohnya:
- pada
sisi input device perkembangan
mouse yang semakin hari semakin canggih dengan wirelessnya dan
sensitivitas yang semakin membaik, keyboard yang semakin canggih dengan
tingkat input yang semakin cepat dan koreksi kesalahan dalam penulisan dan
perkembangan yang lainnya.
- pada
sisi output device perkembangan
dimulai dari sisi monitor yang semakin tipis dengan resolusi yang tinggi
hingga mencapai 4K, sebut saja layar LED yang mendukung pencahayaan yang
nyata. Proyektor yang semakin jelas dan beresolusi yang tinggi pula,
printer yang merangkap menjadi scanner dan mesin fotocopy, serta
perkembangan lain.
- pada
sisi process device perkembangan
sangat terasa karena inti dari hardware atau bisa dikatakan sebuah
procesor mengalami perubahan yang signifikan, baik itu jumlah transistor
yang ada didalamnya yang mempengarui kecanggihan dari procesor tersebut
dan mengalami penyusutan ukuran walau sebenernya pengalami peningkatan
kapasitas yang besar dalam menampung transistor tadi. Masih banyak lagi
perkembangan dalam process device ini.
- Pada
sisi storage device perkembangan
sudah sangat terlihat jelas dari kapasitas penyimpanan itu sendiri serta
ukuran yang menglami penyusutan, misalnya flashdisk saat
ini bisa mencapai kapasitas 1 TB dengan ukuran yang sekecil itu bisa
mempunyai kemampuan tersebut.
B.
Perangkat
Lunak (Software)
Software adalah elemen pendukung utama sebuah komputer
yang tidak bisa diraba (di sentuh), hanya dapat dilihat. Software dapat juga
diartikan sebagai segala sesuatu yang berhubungan dengan program-program
komputer. Program adalah deretan instruksi-instruksi yang dimengerti komputer.
Software terbagi menjadi dua macam, yaitu
:
1. Software Sistem Operasi
2. Software Program Aplikasi
- Software Sistem Operasi
Software Sistem Operasi adalah sebuah software yang
berfungsi untuk mengoperasikan sebuah komputer dan mengontrol seluruh kegiatan
di dalam komputer.
Software
sistem operasi yang banyak dipakai dalam komputer Multimedia, antara lain :
.:: DOS (Disk Operating Sistem)
.:: Microsoft
Windows
.:: Linux
.:: Unix
.:: Macintosh (Mac)
.:: Dll
- Software Program Aplikasi
Software program aplikasi adalah salah satu software
yang berfungsi sebagai aplikasi tambahan pada sistem operasi yang ada. Program
adalah deretan instruksi-instruksi yang dimengerti oleh komputer. Contoh
software program aplikasi, antara lain :
.:: Microsoft Office
.::
CorelDRAW
.:: Adobe
Photoshop
.::
Macromedia Flash MX
.::
Macromedia FreeHand MX
.:: 3DS Max
.:: Adobe
Ilustrator
.:: Adobe
Indesign
.:: Dll
SUMBER
:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar