Manajemen Layanan Sistem Informasi adalah suatu cara
bentuk pengelolaan & pengaturan sistem informasi(SI) yang secara terpusat
pada perspektif konsumen di layanan SI terhadap sebuah usaha atau bisnis
perusahaan agar mampu termanajemen dengan baik.
Manajemen Layanan Sistem Informasi berpacu pada proses
dan karena akan terkait dan memiliki minat yang akan sama dengan kerangka kerja
yang sudah ada dan metodologi gerakan perbaikan proses (seperti Six Sigma, ERP,
dsb). Disiplin yang dibuat tidak memperdulikan detail dalam menggunakan produk
suatu pemasok tertentu atau detail teknis suatu sistem yang sudah dikelola,
dikarenakan berfokus pada upaya penyediaan inti dari pengerjaan dimana untuk
menstrukturkan aktivitas yang terkait dengan sistem informasi dan interaksi
antara personel teknis TI dengan pengguna teknologi informasi yang tersedia.
Manajemen Layanan Sistem Informasi yang secara umum
menangani permasalahan operasional pada manajemen sistem informasi dan bukan
pada pengembangan teknologi itu sendiri.
Contohnya, dalam proses pembuatan software di
komputer untuk dijual bukan salah satu fokus dari disiplin, melainkan suatu
sistem komputer yang digunakan oleh bagian marketing dan pengembangan bisnis di
perusahaan software lah yang merupakan tujuan perhatiannya. Banyak pula
perusahaan non-teknologi, seperti diterapkan pada industri keuangan, ritel, dan
pariwisata, yang memiliki sistem TI yang berperan sangat penting, walaupun
tidak dikonsumsi langsung kepada konsumennya.
Manfaat Manajemen Layanan Sistem Informasi
Manajemen memiliki manfaat dalam pengembangan berbagai
organisasi/instansi, baik swasta maupun pemerintah. Menurut T. Hani Handoko ada
tiga alasan utama mengapa manajemen dibutuhkan.
· Manajemen dibutuhkan untuk mencapai tujuan yang telah
ditetapkan sebelumnya, baik oleh pribadi maupun perusahaan.
· Manajemen membantu keseimbangan di antara
tujuan-tujuan yang telah ditetapkan.
· Adanya manajemen akan berguna untuk mencapai efisiensi
dan efektivitas serta menjaga keseimbangan dari berbagai tujuan dan aspek.
Manajemen Layanan Sistem Informasi memiliki manfaat :
a. Manajemen dalam layanan sistem informasi dapat
membantu mencapai tujuan yang disepakati bersama dalam perusahaan.
b. Adanya
pendayagunaan Teknologi Informasi dalam kehidupan sehari-sehari untuk mencapai
ke efektifan dan efesiensi dalam semua aspek.
c. Dalam
manajemen ini dapat menyeimbangi diantara tujuan yang telah ditetapkan bersama.
Peranan Manajemen Layanan Sistem Informasi
Bagi lingkungan sekitar :
1.
Mendukung dalam bidang bisnis
Penggunaan nya dapat membantu pengerjaan bisnis yang
berperan sebagai penunjang dalam kegiatan perusahaan. Biasanya penggunaan nya
secara rutin karena dapat menyeimbangi ke efektifan dan efisiensi dalam
produksi, melihat pasar dan menghitung keuntungan yang didapat.
2.
Pengambilan Keputusan Managerial.
Dalam layanan sistem informasi dapat berperan sebagai
pengambil keputusan yang ringkas. Membantu manager dalam sebuah perusahaan
menjalankan proses bisnis yang telah ditetapkan.dan membantu para manajerial
mengetahui kecenderungan dan dapat mengevaluasi yang diperoleh dengan
menyatakan dengan suatu keputusan yang tepat,cepat dan kompetibel.
3. Keunggulan
Strategis perusahaan
Peranan dalam strategi layanan sistem informasi dapat
membantu peningkatan strategi perusahaan dalam mengembangkan di sektor internal
maupun eksternal perusahaan. Dengan mengedepankan efesiensi dan efektivitas
penyelesaian nya.
4. Meningkatkan
strategi yang sudah ada dengan suatu layanan secara global
Berperan sebagai layanan sistem informasi yang dapat
mendukung suatu peningkatan strategi yang ada serta menambahkan strategi baru
yang mampu mengimbangi strategi yang sebelumnya ditetapkan.
5.
Pengawasan tingkat menengah setelah pengawasan secara manual
Layanan sistem informasi dapat berperan sebagai
pengawasan ekstra atau tambahan sebagai backup seluruh data di perusahaan.
6. Perencanaan
strategi perubahan dan kebijakan (mengetahui selera konsumen, peluang pasar di
tempat lain)
Mampu merencanakan strategi dengan baik dalam
mengetahui selera konsumen, peluang-peluang yang ada secara merata dan
menyeluruh.
SUMBER :
http://rochim16.blogspot.co.id/2016/04/manajemen-layanan-sistem-informasi.html
Untuk pengertian manajemen layanan sistem informasi cukup jelas, tapi kalau bisa ditambah lagi agar lebih lengkap :D
BalasHapus